RSS Feed

Selamat Pesta Nama Santa Cicilia..

Posted on

22 November 2010,

Setiap tanggal ini aku pasti di landa rasa rindu dahsyat sama eyangku yang udah di surga, juga dilanda rasa terharu oleh ucapan seorang teman yang selalu mengucapkan padaku

“Selamat pesta nama Cicilia…”

Dulu, aku gak ngerti kapan pesta nama sta. pelindungku?! Dan menurutku itu gak begitu penting. Kalau ada yang mengucapkan malah aku kaget “lho sekarang pesta nama sta. cicilia ya? Hehe gak tau.. makasih ya mbah” Mbah???!!! Hehe iya Mbah alias Eyang Putri,  karena dari dulu cuma eyang putriku yang jauh sana yang selalu menyempatkan telepon rumah pagi-pagi di tanggal 22 November hanya untuk mengucapkan “Selamat pesta nama Sta. Cicilia… semoga bla bla bla..” (aku lupa harapan-harapan Beliau setiap kali mengucapkan hehehe intinya sih biar aku bisa meneladan Sta. Cicilia)

Semakin beranjak gedhe, coba buat ikut misa pagi harian di gereja… dan pas kebetulan kegereja pas pesta nama Sta. Cicilia, wew rasanya seperti diingatkan sama Romo hohohohoho “ouhhh sekarang ya sta. cicilia” kira-kira gitu kataku dalam hati. Dan selalu menunggu eyang mengucapkan, ternyata sampe aku gedhe ya Cuma eyang yang rajin mengucapkan (berasa disayang berasa ulang tahun) very very miss her… >.<

Sampe kira-kira 5 tahun lalu, waktu aku mencoba tinggal di bersama teman-teman baru. Dimana tiap pagi ada kebiasaan *bisa dibilang kewajiban* untuk ikut misa harian pagi di kapel. Aku jadi mulai terbiasa ikut misa harian terlebih kalo dapet tugas lektor (awawawawawa hohoho…).

Kira-kira 5 tahun lalu waktu aku mencoba tinggal diluar rumah dan eyangku gantian tinggal dirumah karena sakit (biar ada yang ngrawat). Bulan Oktober 2005 Eyangku menginggal karena sirosi (dengan proses sakit – meninggal yang sangat cepat ga sampe 1th)

22 November 2005,

pagi-pagi aku ke kapel seperti biasanya. Dan waktu Romo bilang hari itu pesta nama Sta. Cicilia dan mengucapkan selamat pada yang merayakan, wew langsung aku inget sama eyangku, langsung aku mbatin “kali ini gak akan ada yang ngucapin lagi ke aku” dan aku kangennnnnnn dan lalu ngempet nangis *wuakakakak cengeng* dan akhirnya saya mengahiri pagi di kapel sambil sembayang. Sesampainya di rumah (Karmen), ada seorang temanku yang menyambut aku sambil bilang “selamat pesta nama Sta. Cicila yaaaa…” huaaaaa jadi inget lagi sama eyangku..

Sepertinya pas itu aku langsung meleleh denger dia ucapin *inget2* trus dia cerita dia selalu inget karena dulu jaman dia SMA di tgl 22 November ada perayaan pesta nama Sta. Cicilia.. dan kalo gak salah dia ikut drama dan memerankan sebagai Sta. Cecilia.

Terima kasih ya buat mbak Galas yang selalu ingat dan selalu memberi selamat ke saya setiap tanggal 22 November (Pengganti Eyangku nieh)

Akhir kata :

Selamat Pesta Nama Sta. Cecila bagi semua wanita di seluruh dunia yang berbabtiskan Cecilia/Cicilia/Sisilia/Sesilia/…..

Yang pengen tau riwayat hidup Sta. Cecilia disini ya

Tinggalkan Balasan

